Headlines News :
Home » , , » Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia
Pada 17 Agustus 1945, terjadi suatu peristiwa bersejarah yakni proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Hari itu bertepatan hari Jumat di Bulan Ramadhan. Sebuah negara dengan jumlah pemeluk Islam terbesar di dunia dengan alam yang kaya raya telah lahir di bulan suci Ramadhan. Kutipan : “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” (Pidato Bung Karno pada Hari Pahlawan 10 Nop.1961)

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Jumat, 17 Agustus 1945 Tahun Masehi, atau 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang dibacakan oleh Ir. Soekarno yang didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat. Sang Proklamator SOEKARNO (Bung Karno), Presiden Pertama Republik Indonesia, 1945-1966, menganut ideologi pembangunan "berdiri di atas kaki sendiri". Proklamator yang lahir di Blitar, Jatim, 6 Juni 1901 ini dengan gagah mengejek Amerika Serikat dan negara kapitalis lainnya: "Go to hell with your aid." Persetan dengan bantuan mu. Ia mengajak negara-negara sedang berkembang (baru merdeka) bersatu.Pemimpin Besar Revolusi ini juga berhasil menggelorakan semangat revolusi bagi bangsanya, serta menjaga keutuhan NKRI.

1945 - Soekarno dan Mohammad Hatta membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang menandakan hari kemerdekaan Indonesia.
1950 - Republik Indonesia Serikat (RIS) dibubarkan, berganti menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
1960 - Indonesia memutuskan hubungan diplomatik dengan Belanda dalam rangka pembebasan Irian Barat.
1961 - Monas diresmikan oleh Presiden Soekarno.
1962 - Siaran perdana TVRI; menayangkan upacara peringatan 17 Agustus yang ke-17 dari Istana Negara, Jakarta.
1973 - Berdirinya Himpunan Fisika Indonesia.
1998 - Pendirian Front Pembela Islam (FPI).

Kutipan : “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” – Bung Karno

Menlu AS & Ratu Inggris Ucapkan Selamat

Dirgahayu Republik Indonesia ke 67 - Menlu AS Hillary Clinton, atas nama Presiden Obama dan rakyat AS, menyampaikan ucapan selamat hari kemerdekaan ke-67 bagi rakyat Indonesia. Ratu Inggris Elizabeth II pun ikut menyampaikan selamat atas HUT ke-67 RI yang jatuh pada 17 Agustus.

Tak ingin ketinggalan.. Logo Google hari ini pun berthemakan Hari Kemerdekaan Indonesia : https://www.google.co.id/logos/2012/indonesiaind12-hp.jpg

Kutipan : “Apakah Kelemahan kita: Kelemahan kita ialah, kita kurang percaya diri kita sebagai bangsa, sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang mempercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah Rakyat Gotong Royong” (Pidato HUT Proklamasi, 1966 Bung Karno)

Dirgahayu Republik Indonesia ke-67th - Merdeka..!!!
Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Berita Terbaru - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger