Headlines News :
Home » , » Tokoh Pak Raden di Film Si Unyil Meninggal Dunia

Tokoh Pak Raden di Film Si Unyil Meninggal Dunia

Berita Duka Pak Raden Film Si Unyil Meninggal Dunia WafatKabar duka kembali menyelimuti dunia hiburan Tanah Air. Raden Soejadi atau yang lebih dikenal dengan nama Pak Raden meninggal dunia di usia ke-82 tahun. Pak Raden menghembuskan napas terakhirnya pada Jumat (30/10/2015) sekitar pukul 22.00 WIB RS Pelni Petamburan, Jakarta Selatan. Kabar itu juga diumumkan lewat akun resmi Facebook milik Pak Raden. "Inna Lillahi wa inna ilaihi rajiun telah wafat kakek kami tercinta, guru bangsa, legenda dongeng Indonesia, maestro sketsa Indonesia Drs Suryadi (Pak Raden)," begitu penggalan tulisan di akun Facebook-nya.

Berita Duka Pak Raden Film Si Unyil Meninggal Dunia WafatSemasa hidupnya, Pak Raden dikenal sebagai pendongeng dan seniman berdarah Jawa yang memiliki kumis tebal. Ia juga yang menciptakan tokoh Si Unyil. Pak Raden merupakan seniman lulusan Intitut Teknologi Bandung (1952-1960). Ia pun melanjutkan studinya ke Prancis (1961-1963). Ada beberapa keinginan Pak Raden yang masih belum terwujud. Salah satunya menyaksikan Si Unyil dalam format 3 dimensi. Sang manajer, Prasodjo mengatakan, seniman pemilik nama asli Suyadi itu ingin sekali menyaksikan animasi 3D Si Unyil. Pak Raden sangat menunggu hal tersebut menjadi kenyataan.

Berita Duka Pak Raden Film Si Unyil Meninggal Dunia Wafat"Bapak hidup sebagai tukang gambar, lahir Si Unyil dari talenta bapak memvisualisasikan. Tapi akhir-akhir ini nunggu Si Unyil buat 3 dimensi, bapak mendukung itu. Ada pesan terakhir mengharukan, 'ayo terus dukung PPFN (Perusahaan Umum Produksi Film Negara)'," ujarnya saat ditemui di Jl. Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (31/10/2015).

Berita Duka Pak Raden Film Si Unyil Meninggal Dunia WafatHingga kini, animasi 3D Si Unyil masih dalam tahap proses. Pihak PPFN pun sangat menyesal tidak sempat memperlihatkan Si Unyil dalam format 3 dimensi pada Pak Raden. "Saya mengucapkan duka. Bapak menunggu animasi 3 dimensi sedang kami godok, sedang sampai modeling. Saya nyesel belum kasih lihat bapak. Tadi sore langsung ngerasa kebebanan. Dengan dukungan semua orang bisa mewujudkan Si Unyil," kata Shelvy Arifin selaku Dirut PPFN.

Berita Duka Pak Raden Film Si Unyil Meninggal Dunia WafatSelain itu, Pak Raden juga ingin menyelesaikan 210 sketsa hitam-putih dari dongeng karya H.C. Anderson. Ia juga tengah mempersiapkan pameran untuk anak-anak, buku tentang wayang untuk anak-anak dan satu biografi. Pak Raden meninggal dunia di usia 82 tahun di RS Pelni Petamburan, Jakarta Pusat pada pukul 22.20 WIB, Jumat (30/10/2015). Jenazahnya akan dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Sabtu (31/10/2015).
Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Berita Terbaru - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger