Headlines News :
Home » » Peristiwa Tragedi Mina dari Tahun ke Tahun

Peristiwa Tragedi Mina dari Tahun ke Tahun

Tragedi MinaSejumlah musibah terjadi pada musim haji. Seperti pada hari ini, Kamis (24/9/2015), akibat berdesak-desakan saat ritual lempar jumrah, setidaknya 700 jemaah meninggal dunia di Mina, sementara ratusan lainnya luka-luka. Berikut 7 musibah yang pernah terjadi dalam pelaksanaan ibadah haji di Mina, sebuah kota yang terletak 5 km dari Mekah:

23 September 2015 - Sekitar pukul 07.00 waktu Mina atau pukul 11.00, musibah terjadi akibat saling dorong jemaah di area tenda Mina, menuju ke lokasi jumrah aqobah. Setidaknya 453 jemaah haji meninggal dunia, lebih dari 700 orang lainnya mengalami luka-luka. Setidaknya 1 jemaah haji Indonesia masuk dalam daftar korban.

Tragedi MinaRaja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al-Saud telah menginstruksikan otoritas terkait di negaranya untuk memberikan santunan kepada keluarga korban. Raja juga kesempatan keluarga korban menuntut pihak pengembangan proyek perluasan Masjidil Haram dalam hal ini Bin Laden Group.

"Yang Mulia Raja Salman juga menyampaikan dalam instruksinya, walaupun mereka mendapat santunan, namun tidak berarti gugur hak mereka untuk mengajukan tuntutan haknya secara khusus atau Al-haq alkhos," ujar Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Mustafa Bin Ibrahim Al Mubarok.

Tragedi MinaSedikitnya 150 orang tewas terinjak-injak saat menjalani ibadah Haji di dekat tanah suci Mekkah, Arab Saudi, Kamis (24/9/2015). Otoritas Pertahanan Sipil Saudi menyebutkan dalam akun Twitter bahwa 400 jamaah lainnya terluka dalam insiden yang terjadi di Mina, sekitar lima kilometer dari Mekkah.

Seperti dikutip BBC, operasi penyelamatan sedang berlangsung. Jumlah korban tewas dan luka kemungkinan dapat bertambah. Peristiwa nahas ini terjadi di hari raya Idul Adha, saat jamaah haji sedang melempar batu jumrah. Identitas maupun kewarganegaraan korban tewas maupun luka belum diketahui.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Berita Terbaru - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger