Headlines News :
Home » » Cara Merawat Seting Setelan Alat Musik Drum

Cara Merawat Seting Setelan Alat Musik Drum

Cara Merawat Seting Setelan Alat Musik Drum
Drum adalah kelompok alat musik perkusi yang terdiri dari kulit yang direntangkan dan dipukul dengan tangan atau sebuah batang. Selain kulit, drum juga digunakan dari bahan lain, misalnya plastik. Drum terdapat di seluruh dunia dan memiliki banyak jenis, misalnya kendang, timpani, Bodhrán, Ashiko, snare drum, bass drum, tom-tom, beduk, dan lain-lain. Dalam musik pop, rock, dan jazz, drums biasanya mengacu kepada drum kit atau drum set, yaitu sekelompok drum yang biasanya terdiri dari snare drum, tom-tom, bass drum, cymbal, hi-hat, dan kadang ditambah berbagai alat musik drum listrik. Orang yang memainkan drum set disebut "drummer".

Snare drum adalah salah satu alat musik bagian dari drum set yang biasa dimainkan oleh drumer, snare ini letaknya paling dekat dengan posisi pemainnya dengan suara yang menonjol diantara yang lainnya yaitu suara paling keras/hight. Sebuah snare dapat mengeluarkan suara yang khas tak lepas dari komponen komponen pendukung yang melekat pada badan snare, untuk mendapatkan suara yang diinginkan diperlukan penyetelan keseluruhan komponen-komponen pemdukung tersebut. Untuk menyetel atau tuning snare drum tidak ada patokan yang baku karena suara snare pada setiap kegunaannya dipengaruhi oleh beberapa faktor yang menjadikan berbeda-bedanya suara yang dighasilkan misalnya: jenis musik, karakter pemain, bahan snare yang digunakan, tekhnik memainkan, dan lain-lain.

Bass drum adalah bagian dari drum set yang ukurannya paling besar diantara perkusi yan ada pada drumset yang lainnya, karena bentuknya yang besar maka bass drum dapat mengeluarkan suara bass/low yang sangant kuat, saking kuatnya dapat dirasakan bila kita berdekatan dengan alat ini maka seperti ada yang mendorong badan kita ke arah tertentu. Apabila kita dapat dengan benar merawat bass drum dengan benar maka suara dan usia bass drum akan lebih lama. Dengan mengatur atau menyetel seluruh komponen bass drum maka dapat dipastikan kita dapat dengan mudah mendapatkan suara bass drum yang enak didengar. apapun merek dan dan berapapun harga drum anda maka suara yang dihasilkan tergantung dari cara kita merawat bass drum kita.

Simbal drum adalah salah satu alat musik bagian dari drum set yang membuat ramai suara yang dihasilkan oleh drumer, jenis simbal yang umum dipakai ada lima buah diantaranya yaitu: Hi-hat, Crash, Spalsh, Ride, dan chinese. Kelima jenis simbal tersebut memiliki umur yang berbeda-beda sampai hancur menjadi berkeping-keping, untuk simbal dengan harga yang mahal tentu saja akan berumur lebih lama karena terbuat dari bahan yang kuat sedangkan simbal dengan harga yang lebih murah akan berumur lebih pendek. Selama ini simbal yang robek/hancur di dalam studio yang dipakai hampir setiap hari akan terjadi bila sudah memaasuki dua atau tiga bulan pemakaian secara terus menerus, pecahnya simbal tidak terjadi langsung tetapi melalui beberapa tahapan, biasanya dimulai dengan sobekan kecil di bagian pinggir simbal, dengan seiringnya waktu maka bagian tepi simbal yang robek tadi akan bertambah lebar karena simbal yang dimainkan seorang drumer akan berputar dan pada saat stik mengenai bagian yang robek tadi maka robekannya akan bertambah.

Stik drum adalah peralatan yang wajib dimiliki oleh setiap pemain drum untuk memainkan drumnya, terdapat jenis dan ukuran stik drum yang berbeda-beda menurut bahan pembuatannya ataupun pemakaiannya, bahan pembuat stik ada bermacam-macam diantaranya ada yang terbuat dari kayu dan plastik fiber(serat), diantara kedua jenis tersebut memiliki ciri khas yang berbeda, stik fiber memiliki kelenturan yang dirasakan saat digunakan dan akan menghasilkan suara yang lebih keras dibanding stik yang berbahan kayu tetapi stuk fiber lebih mudah patah menjadi beberapa bagiajn yang tajam, sedangkan stiki yang terbuat dari kayu akan mengeluarkan suara yang lebih natural dan lebih kuat, patahannya tidak terlalu berbahaya.

Merawat sebuah alat musik adalah suatu keharusan karena akan berpengaruh pada daya tahan alat musik tersebut serta untuk menjaga kualitas agar tidak menurun termakan waktu. Perawatan ini dapat dilakukan baik untuk drum milik pribadi ataupun drum untuk disewakan oleh studio musik. Dengan kita merawat drum maka banyak hal-hal yang didapatkan dari kegiatan tersebut diantaranya yaitu: Mempertahankan kualitas suara drum, menjaga agar drum tidak mudah rusak baik oleh karat ataupun pemakaian, menjaga agar drum selalu siap pakai, membuat drum terlihat bersih sehingga menambah semangat pemainnya dan untuk studio musik maka akan menambah betah pelanggannya.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Berita Terbaru - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger